Ulil Albab
Vol. 3 No. 7: Juni 2024

Pengaruh Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pembagian Kelas III SD Negeri 13 Sungai Pinyuh

Mila Mila (Unknown)
Rusdiana Andika Fatmawati (Unknown)
Siti Nur Asmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Permasalahan yang ada di SD Negeri 13 sungai pinyuh seperti memecahkan masalah siswa masih banyak yang belum mencapai nilai KKM pada mata pelajaran matematika, guru masih kurang kreatif dalam memberikan model dan metode pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pembagian Kelas III SDN 13 Sungai Pinyuh. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 13 Sungai Pinyuh. Teknik yang digunakan untuk penentuan kelas eksperimen menggunakan Teknik pengumpulan data tes hasil belajar. Pada pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test (Paired sample t-test) yang didahului dengan uji prasyarat analisis, yaitu dengan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Make A Match. Hal ini ditunjukkan dengan hasil data uji normalitas diperoleh yakni nilai signifikan untuk pretest yaitu 0,597 > 0,05 dan nilai signifikan posttest yaitu 0,203 > 0,05 maka kriteria keputusannya H0 yaitu diterima. Selanjutnya berdasarkan hasil uji Paired sample t test diperoleh hasil yakni nilai signifikan 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.sehingga dapat di simpulkan terdapat pengaruh penerapan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa materi pembagian kelas III SD Negeri 13 Sugai Pinyuh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...