Ulil Albab
Vol. 3 No. 8: Juli 2024

Korelasi Pengajaran Tajwid Al-Qur’an Terhadap Pengajaran Maharah Al-Qiro’ah Al-Jahriyah Menggunakan Metode Fonetik dan Metode Abjad Pada Siswa Kelas V (Lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar Royyan Rokan Hulu Riau

Nurdiantoro Nurdiantoro (Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab, UIN Suska Riau)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dan pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan korelasional dan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 (Lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar Royyan Rokan Hulu Riau yang berjumlah 195 siswa dan Peneliti mengambil sampel dari populasi penelitian sekitar 15% x 195 sehingga berjumlah 29 siswa. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah tes dan observasi langsung di lapangan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan siswa Kelas 5 (Lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar Royyan Rokan Hulu Riau pada keterampilan membaca nyaring (maharoh al-qiro’ah al-jahiyah) dengan menggunakan metode audio dan metode tulis, (2) Untuk mengetahui hubungan pengajaran Tajwid Al-Qur’an dengan pengajaran keterampilan membaca nyaring (maharoh al-qiro’ah al-jahriyyah) pada siswa kelas 5 (Lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar Royyan Rokan Hulu Riau. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan tertentu dalam peningkatan keterampilan membaca nyaring menggunakan metode fonetik dan metode alfabetis pada siswa kelas 5 (Lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar Royyan Rokan Hulu Riau., (2) Terdapat perbedaan hubungan antara pengajaran Tajwid Al-Qur'an dengan pengajaran keterampilan membaca nyaring (maharoh al-qiro’ah al-jahriyyah) pada siswa kelas 5 (Lima) Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ula (SD) Ar Royyan Rokan Hulu Riau.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...