Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengetahui peran school well being dalam memediasi pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa sekolah berasrama di Kota Makassar. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah berasrama di Kota Makassar berjumlah 256 orang. Penelitian ini menggunakan alat ukur Motivasi Belajar untuk mengukur motivasi belajar, Child and Adolescent Social Support Scale untuk mengukur dukungan sosial, dan School Well Being Scale untuk mengukur school well being. Analisis data penelitian ini menggunakan uji SEM (Structural Equation Modeling) untuk mengukur hubungan antar variabel, menguji kecocokan model dan mengukur pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Hasil ini menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 32%; dukungan sosial berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap school well being sebesar 73%; school well being berpengaruh langsung terhadap motivasi belajar secara negatif dan signifikan sebesar 70%; serta school well being mampu menjadi mediator pada pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi belajar pada siswa sekolah berasrama di Kota Makassar dengan besar pengaruh tidak langsung sebesar 22%.
Copyrights © 2024