Ulil Albab
Vol. 3 No. 8: Juli 2024

Penerapan Metode Pembelajaran Montessori Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 SD Negeri Tanjungsari II

Nadila Andriani (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Mimin Darmini (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Hema Widiawati (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh randahnya kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri Tanjungsari II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Montessori. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis &Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Tanjungsari II yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil keterampilan membaca siswa menunjukan persentase ketuntasan belajar siswa 70,9% dengan jumlah siswa 11 siswa. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatkan dengan persentase 87,1% dengan jumlah 27 siswa yang tuntas dalam belajar membaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Montessori dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Tanjungsari II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...