Ulil Albab
Vol. 3 No. 9: Agustus 2024

Upaya Guru PAI dalam Penguatan Karakter Religius Siswa SDN 261 Bilamporoa, Bontotiro, Bulukumba

Nurlela, Nurlela (Unknown)
Bahtiar, Abd. Rahman (Unknown)
Alamsyah, Alamsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam penguatan karakter religius siswa SDN 261 Bilamporoa, Bontotiro, Bulukumba, mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam penguatan karakter religius siswa SDN 261 Bilamporoa, Bontotiro, Bulukumba. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam penguatan karakter religius siswa SDN 261 Bilamporoa, Bontotiro, Bulukumba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI SDN 261 dalam pembentukan karakter religius siswa sudah terhitung maksimal. Upaya tersebut dilakukan dengan dua cara yaitu kegiataan keagamaan, baik di dalam kelas di luar kelas (lingkungan sekolah). Kegiatan keagamaan di dalam kelas yaitu membaca doa sebelum belajar, membaca surah pendek dan membaca Asmaul Husna. Di lingkungan sekolah yaitu membiasakan karakter 3S (Salam, Senyum, Sapa), dan melaksanakan shalat dhuha. Melalui pembiasaan tersebut peserta didik dapat menerapkan nilai-nilainya dalam karakter masing-masing. Faktor pendukung dalam upaya pembentukan karakter religius yaitu guru contoh teladan bagi siswa. Fasilitas yang menunjang dalam pembentukan karakter religius seperti, mushaf Alqur’an dan papan bicara yang mengandung keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya seperti belum memadainya sarana dan prasarana sekolah. Latar belakang peserta didik juga berpengaruh dalam pembentukan karakter religius siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...