Ulil Albab
Vol. 3 No. 11: Oktober 2024

Integrasi Soft Skill Dan Hard Skill: Refleksi Metode Leasson Studi Di Jepang

Edi Sumanto (Institut Agama Islam Al Qur’an Al Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya)
Komarudin Sasi (Institut Agama Islam Al Qur’an Al Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Pendidikan modern menekankan pentingnya keseimbangan antara penguasaan hard skills dan soft skills dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten di dunia kerja. Hard skills merujuk pada kemampuan teknis dan akademik, sementara soft skills mencakup keterampilan interpersonal, komunikasi, dan kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas integrasi soft skills dan hard skills melalui pendekatan lesson study di Jepang, sebuah metode kolaboratif yang memungkinkan guru untuk merencanakan, mengamati, dan merefleksikan pengajaran secara sistematis. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan lesson study tidak hanya meningkatkan penguasaan hard skills siswa melalui metode pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah, tetapi juga memperkuat soft skills seperti kerjasama, komunikasi, dan pemikiran kritis. Integrasi ini terbukti efektif dalam membentuk lulusan yang siap menghadapi tantangan global di berbagai sektor. Rekomendasi diberikan untuk implementasi metode ini di sekolah-sekolah internasional dengan adaptasi sesuai kebutuhan lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...