Pada pembelajaran IPA perlu menerapkan keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif memainkan peran penting dalam pembelajaran dan merupakan bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi yang perlu dikembangkan. Project Based Learning ialah “Proses pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa untuk menghasilkan suatu proyek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttes designt. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data rubrik observasi keterampilan berpikir kreatif siswa mengenai pengaruh model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SDN 17 Gurah Aur masuk dalam kategori sangat kreatif dimana rata-rata yang didapatkan siswa sebesar 626 dengan persentase sebesar 82,37%. Berdasarkan uji-t dengan uji Paired Samples T Test diperoleh hasil = 9,988 dengan = 2,101 pada taraf signifikan 5% dengan db = N - 1, 19 – 1 = 18, dengan kata lain ditolak dan diterima. Maka hipotesis alternatif ) berbunyi “ Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN 17 Gurah Aur.
Copyrights © 2024