Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Minat Belajar Siswa kelas III Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Adapun hal yang ingin di bahas dalam penelitian ini ialah: Bagaimana minat belajar siswa berpengaruh pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di SDN 45 Lubuklinggau. Maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 20 responden. Hasil penelitian ini adalah minat belajar siswa berpengaruh pada hal positif terhadap hasil belajar siswa dan menyebabkan hasil belajar yang baik, minat belajar ditinjau dari keseluruhan indikator yang mempengaruhi, minat belajar siswa termasuk ke dalam salah satu faktor internal juga memiliki hubungan yang erat terhadap hasil belajar siswa. Dengan persentase siswa yang sangat berminat ada 10 orang (50%) dengan hasil belajar yang dikategorikan tinggi, siswa yang berminat ada 8 orang (40%) dengan hasil belajar yang dikategorikan sedang, , siswa yang kurang berminat ada 2 orang (5%) dengan hasil belajar yang dikategorikan rendah. Minat belajar yang tinggi pada diri siswa akan menyebabkan hasil belajar yang baik, dan hasil belajar yang baik disebabkan oleh minat belajar siswa yang tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024