Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sungai Kakap. Bertujuan mengetahui adatidaknya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sungai Kakap. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. bentuk penelitiannya adalah penelitian kolaboratif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerarapan model pembelajaran scamble pada mapel geografi sudah baik dan terdapat peningkatan dari hasil belajar yaitu pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil belajar pra tindakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih banyak siswa belum mencapai KKM. Pada siklus I mengalami peningkatan presentase pencapaian KKM 41%,, maka target belum tercapai, oleh karena itu dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan, prensentase KKM adalah 82%. Target pencapaian KKM 75 dengan pencapaian presentase 82% sudah tercapai, maka penelitian berhenti pada siklus II.
Copyrights © 2025