Ulil Albab
Vol. 4 No. 3: Februari 2025

Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mapel Geografi

Sariani, Novita (Unknown)
Salsabillah, Putri Fatwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sungai Kakap. Bertujuan mengetahui adatidaknya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sungai Kakap. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. bentuk penelitiannya adalah penelitian kolaboratif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerarapan model pembelajaran scamble pada mapel geografi sudah baik dan terdapat peningkatan dari hasil belajar yaitu pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil belajar pra tindakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih banyak siswa belum mencapai KKM. Pada siklus I mengalami peningkatan presentase pencapaian KKM 41%,, maka target belum tercapai, oleh karena itu dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan, prensentase KKM adalah 82%. Target pencapaian  KKM  75  dengan  pencapaian presentase 82% sudah tercapai, maka penelitian berhenti pada siklus II.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...