Journal Social Engagement: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2024): September 2024

Membangun Lingkungan Inklusif Bagi Anak Jalanan Melalui Penghapusan Diskriminasi dan Perwujudan Kesetaraan Gender

Nahdiana (Unknown)
Humairah (Unknown)
Tegar Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Abstrak Anak jalanan merupakan bagian dari masyarakat yang rentan terhadap berbagai bentuk diskriminasi dan ketidaksetaraan gender. Diskriminasi dan ketidaksetaraan gender yang dialami anak-anak jalanan, terutama perempuan, perlu mendapat perhatian khusus dari berbagai pemangku kepentingan. Tujuan utama kegiatan pengabdian ini adalah untuk menghapus diskriminasi yang dihadapi oleh anak-anak jalanan dan mempromosikan kesetaraan gender melalui program-program pendidikan dan kesadaran masyarakat. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa diperlukan kolaborasi antara pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat untuk mengatasi permasalahan diskriminasi dan ketidaksetaraan gender pada anak jalanan. Upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain: penyediaan layanan sosial yang ramah anak dan sensitif gender, peningkatan kesadaran masyarakat, serta pemberdayaan anak jalanan. Kesimpulan dari artikel ini adalah penghapusan diskriminasi dan mewujudkan kesetaraan gender pada anak jalanan memerlukan komitmen dan kerja sama dari berbagai pihak. Kata Kunci: Anak Jalanan; Diskriminasi; Kesetaraan Gender

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal Social Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Jurnal Elektronik yang memuat hasil-hasil penelitian, Studi Pustaka, dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang terkait dengan bidang Ilmu Komunikasi, lmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Administrasi Fiskal, Ilmu ...