Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi peran komite dalam pembangunan sarana prasarana SMPN 1 Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin serta menganalisis Faktor Pendukung dan Penghambat Peran Komite Dalam Pembangunan Sarana Prasarana SMPN 1 Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model Miles dan Huberman mencakup tiga kegiatan yang bersamaan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menjelaskan bahwa: Peran Komite Sekolah dalam pembangunan prasarana pendidikan di SMPN 1 Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin antara lain: sebagai pendukung pembangunan prasarana Di SMPN 1 Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin dalam bentuk Dana, pikiran, dan pengelolaan sarana prasarana, sebagai pengontrol, dalam pengawasan pembangunan gedung, memeriksa pengelolaan keuangan perlu dioptimalkan terutama dalam pengadaan sarana dan prasarana dan dana. peran sebagai penghubung antara sekolah dengan masyarakat dalam pengadaan sarana prasarana sekolah dan dana juga masih harus dioptimalkan. Faktor pendukung peran komite sekolah dalam pembangunan prasarana pendidikan di SMPN 1 Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin adalah tingginya partisipasi dari wali murid terhadap pembangunan prasarana SMPN 1 Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin. Faktor Penghambat Peran Komite Sekolah dalam pembangunan prasarana pendidikan di SMPN 1 Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin antara lain belum maksmimalnya partisipasi masyarakat Sungsang IV, Kec. Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin dalam membangun prasarana di SMPN 1 Banyuasin 2 Kabupaten Banyuasin.
Copyrights © 2021