PESHUM
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Penerapan E-Modul Biologi Berbasis PBL Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI

Nathania D. M. Wuisan (Universitas Negeri Manado)
Ferny M. Tumbel (Universitas Negeri Manado)
Danny Posumah (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA Negeri 2 Tareran didapati bahwa kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 2 Tareran dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa terdapat 5 siswa yang tuntas dengan persentase 25% sedangkan 15 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 75%. Dan pada saat pelaksanaan pembelajaran kegiatan siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas dengan persentase 85% sedangkan 3 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 3,58%. Sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 50% Kesimpulan dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan e-modul berbasis problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tareran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...