cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6287831398687
Journal Mail Official
peshum.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
PESHUM
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28288017     DOI : 10.56799
PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, Sosiologi, Psikologi, Sosial, Budaya, Antropologi. (3) Humaniora: Sastra, Sejarah, Bahasa, Seni, Filsafat, Agama, Hukum. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora terbit setiap 6 kali dalam setahun.
Articles 1,275 Documents
Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Wann Nurdiana Sari
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1: Desember 2021
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i1.6

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, Pendidikan karakter siswa banyak yang terpengaruh dari teknologi. Kondisi yang mengkhawatirkan itu tentunya membuat yakin bahwa pentingnya Pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS. Metode yang digunakan yaitu studi pustaka. Hasil penelitian yaitu penanaman pendidikan karakter siswa bisa ditanamkan maupun dikembangkan melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penerapan pendidikan karakter tentunya melalui berbagai tahapan dalam pembelajaran IPS yang berlangsung.
Strategi Pelatihan Guru Secara Online Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Masa Pandemi Covid-19 Abidatin Shoimah; Eva Fitriyana; Clarisa Ayu Aprilia; Novia Ayya Shofia; Sri Muji Lestari; Wafiqoh Nurul Azizah; Didi Nur Jamaludin
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1: Desember 2021
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i1.7

Abstract

Pandemi covid 19 menjadi awal perubahan Pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang sebelumnya berjalan secara luring. Harus beralih ke pembelajaran daring sehingga guru dituntut untuk dapat menyajikan pembelajaran yang relevan. Tuntutan ini membuat guru harus meningkatkan kompetensinya terutama kompetensi penguasaan teknologi informasi berbagai aplikasi online dapat dimanfaatkan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring, melalui dari WhatsApp meeting, Google meet, Google classroom dan aplikasi lainnya. Pemanfaatan aplikasi yang variatif akan menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa. Untuk dapat menggunakan berbagai fitur pembelajaran yang menarik dan efektif seorang guru harus harus meningkatkan wawasan dan kemampuannya, salah satunya melalui pelatihan secara daring. Dari beberapa Penelitian yang dilakukan dan sudah dipublikasikan melalui jurnal ilmiah, maka didapatkan kesimpulan bahwa pelatihan jaring cukup efektif dimanfaatkan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru di era pandemi
Kepemimpinan Dalam Islam Khusna Haibati Lathif; Mutia Eka Putri; Muhammad Wildanul Haq; Sarifa Sintia Mahdalina
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1: Desember 2021
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i1.8

Abstract

Kepemimpinan menjadi salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia. begitu pentingnya kepemimpinan dalam kehidupan manusia hingga Allah Subhanahu Wata’ala mengatur segala aspek berkaitan dengan kepemimpinan melalui firman-firman-Nya yang tertuang dalam ayat-ayat al-Qur’an serta diperkuat dan dilengkapi dalam Hadits Nabi. Islam berpandangan bahwa kepemimpinan memiliki peran yang penting dalam kehidupan sosial. Sebab Allah mengembankan tugas kepada setiap manusia sebagai makhluk sosial untuk menjadi wakil Allah di bumi, sebagai khalifah Allah Subhanahu Wata’ala sebagai pemimin yang bertanggung jawab mengelola, mengatur, menjaga, memelihara serta melestarikan alam di muka bumi. Dengan demikian, tulisan ini akan memaparkan mengenai pentingnya memahami serta mempelajari salah satu aspek kehidupan yaitu terkait dengan kepemimpinan. Tulisan ini akan memaparkan aspek-aspek yang berkaitan dengan kepemimpinan dalam perspektif Islam yang meliputi hakikat kepemimpinan dalam Islam, dasar kepemimpinan Islam, karakteristik kepemimpinan Islam serta peran kepemimpinan Islam. Penulisa ini menggunakan kajian literatur yang dimana pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran literatur ilmiah secara sistematis melalui artikel, jurnal dan dokumen yang membahas terkait dengan tema penulisan ini secara signifikan
Pentingnya Program Parenting Tentang Pendidikan Anak Kepada Para Orang Tua Siswa Sebagai Wujud Pendidikan Muhammad Nur Huda
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1: Desember 2021
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i1.9

Abstract

UNESCO memberikan pesan kepada masyarakat secara luas berupa gerakan global sedunia melalui kalimat yang sangat menggugah “Education for All (EFA)”, yang berarti pendidikan untuk semua. Apabila anak di rumah sudah baik, memiliki karakter yang baik, memiliki modal untuk mengembangkan dirinya, maka ketika ia di bersekolah ia akan lebih mudah beradaptasi dan mudah untuk dikendalikan sehingga mudah pula bagi guru untuk mengembangkan potensi anak tersebut ke arah prestasi yang gemilang. Beberapa orangtua sudah sadar akan pentingnya pendidikan, namun ada pula (bahkan lebih banyak) orangtua yang kurang menyadari pentingnya pendidikan. Program parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Pada dasarnya program parenting ini bermanfaat untuk semua, baik itu guru, orangtua, bahkan anak, karena program ini dampaknya saling berkaitan satu sama lain. Ketika anak-anak usia sekolah dasar ditanya tentang cita-cita, jawaban mereka tidak jauh dari profesi. Namun ketika orangtua ditanya cita-citanya terhadap anaknya, orangtua akan menjawab bukan sebatas profesi namun sangat luas, termasuk pekerjaan, penghasilan, dan karakternya
Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Afnania Yusditiani; Hijazzi Lutfiah Izyul Adha; Meysa Fadlun Rubiyyati; Shella Masrofah; Arif Rahman
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1: Desember 2021
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i1.10

Abstract

Maraknya isu-isu terkait isu multikultural seperti perang suku, separatisme dan gerakan lainnya yang berpotensi menimbulkan disintegrasi bangsa merupakan hal yang mendesak dan membutuhkan solusi yang tepat. Artikel ini akan fokus pada pembahasan implementasi pendidikan multicultural di sekolah. Tanggung jawab utama dalam pelaksanaan Pendidikan multicultural, yang mencakup gagasan seperti kesetaraan, rasa hormat, dan perdamaian, serta kesempatan yang sama untuk sukses bagi semua siswa, adalah milik guru. Persepsi dan sikap guru terhadap pendidikan multicultural berkaitan langsung dengan bagaimana mereka akan melaksanakan pendidikan multicultural. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ada pengaruh budaya yang tidak dapat disangkal pada pendidikan, namun calon pengajar dan manajer seringkali tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang pendidikan multikultural.
Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Pengangguran Terbuka Terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia Tahun 2007 – 2021 Rizky Febrian Saragih; Purnama Ramadhani Silalahi; Khairina Tambunan
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2: Februari 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i2.36

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah pembangunan yang dapat terjadi dimana saja baik di negara maju maupun negara berkembang. Kemiskinan sebagai negara berkembang merupakan salah satu masalah utama perekonomian Indonesia dan merupakan semacam “pekerjaan rumah” yang tidak dapat diselesaikan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk menganalisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh variabel Indeks Pembangunan Manusia, dan Tingkat Pengangguran Terbuka terhadap jumlah penduduk miskin di Indonesia Tahun 2007-2021. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Data sekunder dalam penelitian ini berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS). Variabel Dependent (Y) dalam penelitian ini adalah Kemiskinan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik. Hasil penelitian dan pembahasan yang sudah dilakukan terkait pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, dan Tingkat Pengangguran Terbuka terhadap tingkat Kemiskinan di Indonesia tahun 2007 – 2021 menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia tahun 2007-2021. Tingkat pengangguran terbuka berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia tahun 2007 – 2021. Indeks Pembangunan Manusia dan Tingkat pengangguran Terbuka secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di Indonesia tahun 2007 – 2021
Karakteristik Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Adena Widopuspito; Fandi Akhmad; Ega Sukmaningtias; Inan Taat Diyanah
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2: Februari 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i2.41

Abstract

Anak berkebutuhan khusus atau sekarang disingkat ABK merupakan anak yang memiliki keterbatasan atau keluar biasaan, baik fisik, mental, social, maupun emosionalyang berpengaruh dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Disisi lain pembelajaran terhadap anak berkebutuhan khusus memerlukan keahlihan khusus ataupun kesabaran yang ekstra, dimana tidak hanya menyampaikan pembelajaran namun juga memperhatikan bakat khusus dari anak itu sendiri. Sedangkan pendidikan agama Islam bagi seorang muslim bisa dikatakan wajib sehingga anak yang berkebutuhan khusus juga memerlukan pendidikan agama itu sendiri. Pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus mempunyai beberapa perbedaan diantaranya metode pembelajaran, media pembelajaran, dan karakteristik pembelajaran.
Dasar Kepemimpinan Dalam Islam Firda Amalia; Fandi Akhmad; Adena Widopuspito; Melta Sari; Danu Aprianto
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2: Februari 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i2.42

Abstract

Kepemimpinan dalam Islam merupakan perkara yang diatur dalam Al-Quran dan hadist. Kepemimpinan berarti Khilafah, Imamah, Imaroh, yang mempunyai makna daya memimpin atau kualitas seorang pemimpin atau tindakan dalam memimpi selain itu kepemimpinan yaitu suatu kemampuan untuk mengajak orang lain agar mencapai tujuan tertentu. Seorang pemimpin tentunya harus memahami serta mengerti dasar-dasar dan prinsip-prinsip kepemimpinan sesuai Al-Quran dan hadist untuk dapat menjadi pemimpin, baik dalam lingkup yang kecil, seperti keluarga, maupun pemimpin dalam lingkup yang besar seperti pemimpin organisasi, pemimpin agama, hingga pemimpin negara. Dalam Islam mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus dapat dijadikan contoh ataun suritauladan namun apabila pemimpin tidak memahami apa saja faktor yang menjadikan keberhasilan dalam memimpin sesuatu maka tujuan kepemimpinan tidak akan tercapai.
Pengaruh Kematian Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Jorong Simarasok Kecamatan Baso Gita Apriliza
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2: Februari 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i2.47

Abstract

Kehilangan orangtua akan membuat sedih seorang anak. Kehilangan orangtua dapat membuat kecerdasan emosional anak terganggu, dimana anak tidak memiliki kemampuan untuk memotivisi dirinya, anak sibuk dengan kenangan orang tuanya yang telah meninggal, sehingga anak susah untuk bangkit dari kesedihannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kematian orang tua terhadap kecerdasan emosional anak di Jorong Simarasok, Kecamatan Baso. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif regresi. Alat pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan statistik sederhana, dan dalam pengkorelasian variabel penelitian menggunakan Statiscal Product and Service Solution (SPSS) 16. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rxy sebesar 0,401 dan rtabel 0.349, dari df = 28, pada taraf signifikan α 0,05. Maka dapat diketahui bahwa 0.401> 0.349 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kematian orangtua terhadap kecerdasan emosional remaja di Jorong Simarasok, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh hasil = 16.08%. Berdasarkan nilai tersebut dapat diartikan bahwa kematian orangtua mempengaruhi kecerdasan emosional sebesar 16.08%, sementara itu 83.92% kecerdasan emosionalanak dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Subhan Hi Ali Dodego
PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2: Februari 2022
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/peshum.v1i2.48

Abstract

Bahasa Arab memiliki peranan yang sangat penting dalam mengkaji Al-Qur’an maupun hadis. Karenanya, boleh dikatakan bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an. Selain itu, bahasa Arab juga dapat bertahan hidup karena mampu memelihara perkembangannya dari masa ke masa. Walhasil, bahasa Arab mampu bertahan sejak empat belas abad yang lalu hingga kini. Bahasa Arab juga masuk dalam kategori bahasa internasional selain bahasa Inggris, Prancis dan Mandarin. Hal ini dibuktikan dengan pemakaian bahasa Arab di beberapa kampus ternama di dunia seperti Harvard University dan Oxford University. Mengingat peranan bahasa Arab yang cukup penting dalam proses pembelajaran pendidikan Islam maka para guru pendidikan agama Islam di madrasah seharusnya mampu menguasai bahasa Arab sebagai sarana untuk menelaah, mengkaji dan menginterpretasikan pendidikan agama Islam di sekolah

Page 1 of 128 | Total Record : 1275