Pemasaran media sosial kini menjadi salah satu bentuk pemasaran yang paling berpengaruh, didorong oleh kemajuan teknologi yang telah terintegrasi ke dalam kehidupan sehari-hari konsumen untuk berkomunikasi dan mengakses informasi melalui platform digital. Instagram, sebagai platform jejaring sosial terbesar kedua di Indonesia, dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan untuk mendukung strategi pemasaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran media sosial yang dilakukan oleh Benang Jarum, sebuah merek pakaian asal Indonesia, terhadap ekuitas merek dan respons pelanggan berdasarkan aktivitasnya di Instagram. Model konseptual penelitian ini dievaluasi menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM), dengan data yang diperoleh dari survei terhadap pengguna Instagram yang telah berinteraksi dengan Benang Jarum dalam enam bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen-elemen seperti hiburan, interaksi, tren, personalisasi, dan risiko yang dirasakan sebagai karakteristik pemasaran media sosial, memiliki dampak positif terhadap ekuitas merek. Selain itu, citra merek, sebagai salah satu komponen ekuitas merek, terbukti memberikan pengaruh positif terhadap respons pelanggan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024