PESHUM
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Ekuitas Merek dan Respon Pelanggan (Studi Kasus: Instagram Benang Jarum)

Ilma Wulansari Hasdiansa (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Pemasaran media sosial kini menjadi salah satu bentuk pemasaran yang paling berpengaruh, didorong oleh kemajuan teknologi yang telah terintegrasi ke dalam kehidupan sehari-hari konsumen untuk berkomunikasi dan mengakses informasi melalui platform digital. Instagram, sebagai platform jejaring sosial terbesar kedua di Indonesia, dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan untuk mendukung strategi pemasaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran media sosial yang dilakukan oleh Benang Jarum, sebuah merek pakaian asal Indonesia, terhadap ekuitas merek dan respons pelanggan berdasarkan aktivitasnya di Instagram. Model konseptual penelitian ini dievaluasi menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM), dengan data yang diperoleh dari survei terhadap pengguna Instagram yang telah berinteraksi dengan Benang Jarum dalam enam bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen-elemen seperti hiburan, interaksi, tren, personalisasi, dan risiko yang dirasakan sebagai karakteristik pemasaran media sosial, memiliki dampak positif terhadap ekuitas merek. Selain itu, citra merek, sebagai salah satu komponen ekuitas merek, terbukti memberikan pengaruh positif terhadap respons pelanggan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...