PESHUM
Vol. 4 No. 1: Desember 2024

Penerapan Kurikulum Berbasis Riset dengan Pola Daur Belajar di Sekolah Alam: Sanggar Anak Alam

Adelia Febi Kumala Dewi (Universitas PGRI Yogyakarta)
Istiqomah Istiqomah (Universitas PGRI Yogyakarta)
Risty Agnata (Universitas PGRI Yogyakarta)
Arjun Satria Nugraha (Universitas PGRI Yogyakarta)
Elda Rintan Parwati (Universitas PGRI Yogyakarta)
Taufik Muhtarom (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan kurikulum berbasis riset di Sanggar Anak Alam (SALAM); 2) memahami penerapan pola daur belajar di SALAM. Secara garis besar, penelitian ini membahas penerapan kurikulum berbasis riset dengan pola daur belajar di Sanggar Anak Alam (SALAM), Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan. Teknik ini dipilih untuk menggali pemahaman yang lebih mendalam dan komprehensif mengenai topik penelitian, dengan memanfaatkan literatur ilmiah, jurnal, dan sumber kepustakaan lainnya untuk mensintesis dan menganalisis informasi yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum berbasis riset di SALAM memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih tema riset sesuai minat mereka, didukung fasilitator dan orang tua. Pola daur belajar di SALAM terdiri dari lima tahapan: melakukan riset, mengungkapkan hasil, menganalisis, menyimpulkan, dan menerapkan. Pendekatan ini bertujuan membangun ekosistem belajar yang memerdekakan peserta didik untuk mengembangkan potensi diri. Didukung dengan kolaborasi antara peserta didik, fasilitator, dan orang tua, metode ini tidak hanya mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif, tetapi juga mempromosikan nilai-nilai kemandirian, kolaborasi, dan keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pola daur belajar di SALAM mampu menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, relevan, dan kontekstual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...