Artikel ini mengkaji tentang efektivitas pelayanan konsultasi statistik yang ada di BPS Kota Surabaya. Program STAT-CALL merupakan inovasi dari BPS Kota Surabaya. Tujuan dari program STAT-CALL yaitu memberikan layanan prima dalam bidang konsultasi statistik kepada masyarakat luas. Implementasi dari program ini sudah mencapai tujuan karena sesuai dengan harapan yaitu dapat memberikan pelayanan prima kepada orang yang membutuhkan pelayanan konsultasi statistik. Efektivitas sangat dibutuhkan pada setiap pelaksanaan pelayanan. Penelitian ini menggambarkan efektivitas menggunakan teori dari Budiani, dengan empat indikator yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan pengambilan data yaitu wawancara menggunakan teknik in depth interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan sasaran program sudah mencapai cakupan pengguna yang luas, sosialisasi program yang optimal, tujuan program pelayanan yang fleksibel serta inklusif, dan pemantauan program berbasis teknologi akan terus ditingkatkan oleh pelaksana program, serta adanya umpan balik pengguna untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025