Kegiatan kurikuler di MA Jâ-alHaq Kota Bengkulu memiliki peran strategis dalam meningkatkan pemahaman kognitif santri, khususnya kemampuan berpikir kritis dan analitis. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengungkapkan bahwa kegiatan seperti pembelajaran berbasis proyek, kajian kitab kuning, dan diskusi kelompok efektif dalam mengembangkan potensi intelektual santri, dengan didukung peran aktif guru, fasilitas yang memadai, dan motivasi santri. Namun, pelaksanaannya juga menghadapi hambatan seperti keterbatasan sarana, kurangnya inovasi metode pembelajaran, dan kesenjangan kompetensi antar santri. Untuk mengatasi kendala tersebut, rekomendasi meliputi peningkatan kompetensi guru, pengadaan fasilitas, serta penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan inklusif. Dengan dukungan semua pihak dan evaluasi berkelanjutan, kegiatan kurikuler dapat dioptimalkan untuk mencetak santri yang kritis, analitis, dan berkarakter.
Copyrights © 2025