PESHUM
Vol. 4 No. 3: April 2025

Implementasi Prinsip Ekonomi Syariah dalam Pemasaran Produk Pertanian : Kasus di Komunitas Tani Desa Bolo Ujung Pangkah

Muhammad Fatkhur Rozy (Unknown)
Kholid Albar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris menghadapi tantangan serius dalam sektor pertanian, termasuk di Jawa Timur. Salah satu permasalahannya adalah rantai distribusi yang panjang dan ketergantungan petani pada tengkulak sehingga tidak sesuai dengan prinsip ekonomi Islam karena menggunakan sistem tebasan dan borongan. Pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan prinsip ekonomi syariah dalam pemasaran produk pertanian di Desa Bolo dengan memberikan edukasi dan solusi berbasis hukum ekonomi Islam.Pengabdian masyarakat dilakukan dengan pendekatan observasi, koordinasi dengan pihak desa dan kelompok tani, serta penyuluhan mengenai prinsip-prinsip ekonomi syariah yang relevan, seperti larangan riba, gharar, dan maysir. Program ini mencakup workshop, pendampingan, dan evaluasi terhadap hasil implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% petani yang terlibat mengalami peningkatan pemahaman tentang pemasaran berbasis syariah dan menerapkan praktik pemasaran yang lebih transparan, adil, serta menguntungkan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...