Jurnal Abdimas Indonesia : Jurnal Abdimas Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2025): Januari-Maret 2025

Peningkatan Kompetensi Tata Kelola TI Melalui Pelatihan Itil 4 Foundation Implementasi Praktis di Lingkungan Masyarakat

Bayu Waseso (Universitas Mercu Buana, Indonesia)
Roy Mubarak (Universitas Mercu Buana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

ITIL 4 Foundation merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk tata kelola layanan teknologi informasi (TI) dalam menciptakan, menyampaikan, dan meningkatkan nilai layanan TI secara berkelanjutan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi tata kelola layanan TI melalui pelatihan berbasis ITIL 4 Foundation. Pelatihan mencakup prinsip-prinsip utama seperti Service Value System (SVS) dan Service Value Chain, yang relevan dengan transformasi digital masyarakat. Evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai konsep tata kelola layanan TI. Studi kasus implementasi pelatihan ini menunjukkan bahwa ITIL 4 memiliki potensi strategis untuk mendorong inovasi dan efisiensi operasional di komunitas. Hasil kegiatan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menerapkan ITIL 4 untuk meningkatkan kualitas layanan TI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jai

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

JAI: Jurnal Abdimas Indonesia (ISSN 2797-2887) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Muslim Indonesia. Jurnal Abdimas Indonesia adalah jurnal yang bertaraf Nasional yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini ...