Pemanfaatan teknologi Augmented Reality yang sedang berkembang diterapkan sebagai sarana promosi baru pengenalan lingkungan di Kampus A Universitas Muhammadiyah Jakarta sekaligus diterapkan sebagai pemecahan masalah yang berada pada lokasi Kampus A Universitas Muhammadiyah Jakarta, yaitu biasanya penunjuk lokasi tersebut hanya berbentuk denah ataupun papan penunjuk arah. Menghasilkan inovasi baru untuk sarana promosi dan informasi untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek peneltian ini adalah pengunjung umum Kampus A Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hasil penelitian dari analisis data lembar validasi pengguna setelah melakukan uji coba aplikasi dari penilian pengunjung umum dan non-mahasiswa UMJ diperoleh persentasi 85% terkategori sangat baik dan layak. Namun perlu adanya beberapa perbaikan fitur dan optimalisasi aplikasi lagi kedepannya.
Copyrights © 2023