Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual penerapan pembelajaran kontekstual berbasis potensi lokal lahan basah dalam meningkatkan literasi sains siswa SMPN di Banjarmasin. Banjarmasin, sebagai kota yang dikelilingi oleh ekosistem lahan basah yang khas, memiliki potensi besar untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran sains. Pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sains sekaligus menumbuhkan kesadaran ekologis. Kajian ini menggunakan metode studi literatur yang bersifat sistematis, meninjau berbagai penelitian terkait pembelajaran kontekstual dan literasi sains. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi konteks lokal dalam pembelajaran sains mampu meningkatkan relevansi materi, memotivasi siswa, dan meningkatkan literasi sains secara signifikan. Artikel ini merekomendasikan agar guru di SMPN Banjarmasin mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis potensi lokal untuk mendukung tujuan pendidikan berkelanjutan.
Copyrights © 2024