Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ
Vol 1 No 1 (2017): #1

THE EFFECT OF STORY MAPPING ON READING COMPREHENSION

Sholichah, Norma Ita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh strategi story-mapping dalam mengajar pemahaman membaca teks bahasa Inggris, yang menggunakan kuasi-faktorial dengan desain pretest-posttest. Temuan penelitian ini mengungkapkan pengaruh yang signifikan secara statistik antara sebelum dan sesudah tes. Dengan kata lain, ada perbedaan yang signifikan setelah diajarkan dengan menggunakan strategi story-mapping. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa alasan. Pertama, pelaksanaan strategi story-mapping membantu siswa untuk mengatur informasi yang mereka dapatkan dari bahan bacaan dengan cara efektif. Dengan melatih siswa untuk mencari kata kunci dari setiap paragraf dan menuliskan informasi dari kata kunci memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengingat informasi detail dari bahan bacaan. Selain itu, kegiatan meringkas membantu siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi dari bacaan. Dengan demikian siswa dilatih untuk berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran di setiap pertemuan. Kedua, strategi story-mapping mencegah kebosanan siswa pada kegiatan pembelajaran khususnya pada materi pemahaman bacaan teks bahasa Inggris.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

intaj

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal INTAJ merupakan jurnal terbitan berkala dengan frekuensi 2 kali setahun, April dan Oktober, yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian secara umum dalam bentuk artikel ...