Journal of Management and Business
Vol 1 No 2 (2024): Journal of Management and Business

PERAN EKONOMI KREATIF MEWUJUDKAN VISI INDONESIA EMAS 2045

IRFAN HANDOKO (Politeknik Yusuf Mansur)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Kemunculan konsep ekonomi kreatif sebagai alternatif dari kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Sektor ini dapat menjadi harapan bagi Indonesia untuk bangkit dan bersaing dengan mengoptimalkan kolaborasi antara keunggulan dan kreativitas budaya yang dimiliki. Tulisan ini mengangkat peranan ekonomi kreatif dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi fenomena terkait. Ekonomi kreatif dapat diandalkan menjadi sektor alternatif bagi perekonomian sehingga perlu dimaksimalkan dengan kolaborasi aktif berbagai pelaku ekonomi kreatif. Pemerintah berperan sebagai regulator yang menyediakan berbagai kebutuhan bagi industri, pelaku usaha senantiasa meningkatkan kualitas dan keunggulan produk yang ditawarkan, serta masyarakat yang meegang peranan penting untuk mengapresiasi dan mendukung ekonomi kreatif dengan senantiasa mengkonsumsi produk-produk ekonomi kreatif Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mass

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MASS (Journal of Management and Business) is a peer-reviewed academic journal that publishes original research, reviews, and case studies in the fields of management and business. It serves as a platform for scholars, practitioners, and policymakers to share insights on contemporary business ...