TEFA Agribusiness Center diinisiasi oleh Jurusan Manajemen Agribisnis dengan bidang fokus jasa pemasaran (bisnis ritel) produk-produk agribisnis. Permasalahan pada TEFA Agribusiness Center antara lain yaitu: TEFA Agribusiness Center belum memiliki Standard Operating Prosedure (SOP) dalam menjalankan pengelolaan TEFA. Mitra belum memiliki SOP yang seharusnya diterapkan pada usaha pemasaran (bisnis ritel); serta TEFA Agribusiness Center belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai, seperti rak gondola dan freezer untuk menjalankan kegiatan pemasarannya. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra, tim pelaksana pengabdian melakukan kegiatan yaitu: (1) Pendampingan penyusunan Standart Operating Prosedure (SOP) pengelolaan TEFA Agribusiness Center. yaitu meliputi: SOP Kemitraan dengan Pemasok Produk, SOP Penerimaan Produk, SOP Stock Opname Produk, SOP Penataan Produk; dan SOP Penjualan Produk; serta (2) melakukan pengadaan fasilitas yang dibutuhkan mitra untuk kegiatan usaha pemasarannya, yaitu rak gondola dan frezer. Hasil kegiatan pendampingan pembuatan SOP menunjukkan hasil yang sangat baik dengan indikator keberhasilan sesuai dengan pedoman peyusunan SOP Politeknik Negeri Jember dimana unsur inti SOP meliputi bagian identitas dan bagian flowchart. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan penyusunan SOP memberikan peningkatan kemampuan dan ketrampilan bagi pengelola TEFA Agribusiness Center.
Copyrights © 2025