CEJou
Vol. 1 No. 02 (2020): Terbitan September 2020

PERANAN PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DALAM PROSES EFEKTIFITAS PENYALURAN BANTUAN KORBAN BENCANA ALAM PADA ORGANISASI SOSIAL TARUNA SIAGA BENCANA PROVINSI SULAWESI TENGAH

Taufiq Eka Riandhana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan pendidikan mitigasi bencana dalam proses efektifitas penyaluran bantuan korban bencana alam pada organisasi sosial Taruna Siaga Bencana dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung serta alternatif pemecahannya. Dasar Penelitian ini survey dan tipe penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum tentang peranan pendidikan mitigasi bencana pada organisasi sosial Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang berkaitan dengan koordinasi serta efektifitas dalam penyaluran bantuan korban bencana alam. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan Anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) serta masyarakat yang terkena bencana alam sehingga populasi berjumlah 1850 orang dan penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu sebagian dari populasi, maka sampel berjumlah 45 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif kualtatif yang menggunakan tabel frekuensi dan tabel presentasi. Hasil Penelitian yang telah dilakukan bahwa peranan pendidikan mitigasi bencana dalam proses pemberian bantuan kepada korban bencana sudah dapat dikategorikan baik yang dapat dilihat dari kerjasama, mekanisme dan komunikasi Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dalam penanggulangan bencana sudah masuk kategori baik. Namun, pelaporan yang dilakukan oleh Taruna Siaga Bencana (TAGANA) terhadap jumlah korban bencana dilapangan masih kurang sesuai

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cejou

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The focuses of the manuscript received in the CEJou journal is limited to the topic: 1. Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 2. Biology Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 3. Mathematics Education (Media, Educational Policy, ...