CEJou
Vol. 5 No. 1 (2024): Central Journal of Education (CEJou) July

Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Sidwa Kelas X: Pendahuluan, Metode Penelitian, Pembahasan, Penutup, Daftar Pustaka

silviyah (Unknown)
Sari, Mayang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Tujuan untuk menjelaskan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan langkah Krulik dan Rudnick yang ditinjau dari Advesity Quotient (AQ). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di kelas X-4 SMA Negeri 2 Pasuruan, tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 subjek yaitu quittter, camper, dan climber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek tipe quitter/S1 hanya mampu sampai tahapan eksplorasi dan merencanakan, tidak mampu memilih strategi, tidak mampu menemukan jawaban, tidak mampu meninjau ulang dan mendiskusikan. (2) Subjek camper/S2 mampu memenuhi empat indikator, subjek pada tahap meninjau ulang dan mendiskusikan belum memenuhi. (3) Subjek climber/S3 mampu memenuhi semua tahapan pemecahan masalah yaitu membaca dan berpikir, eksplorasi dan merencanakan, memilih strategi, menemukan jawaban, meninjau ulang dan mendiskusikan. Dapat disimpulkan bahwa bahwa Subjek tipe quitter tidak menunjukkan antusiasme saat menanggapi soal. Subjek camper menunjukkan antusiasme yang cukup besar saat merespon soal. Sedangkan Subjek climber yang tidak mudah menyerah, dan berjuang untuk terus mencoba sampai menemukan jawaban yang benar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cejou

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The focuses of the manuscript received in the CEJou journal is limited to the topic: 1. Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 2. Biology Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 3. Mathematics Education (Media, Educational Policy, ...