CEJou
Vol. 6 No. 1 (2025): Central Journal of Education (CEJou) July Issue In Press

Pembelajaran Edupreneurship Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Ketrampilan 4c Siswa Dalam Kurikulum Merdeka

Choirudin, Choirudin (Unknown)
Anwar, M. Saidun (Unknown)
Roudhotul Jannah, Siti (Unknown)
Mekar Sari, Dewi (Unknown)
Luthfi, Dina Afifah (Unknown)
Santiago, Paulo Vitor da Silva (Unknown)
Ningtyas, Dhita Paranita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menguji efektivitas pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan edupreneurship dalam meningkatkan keterampilan abad ke-21 (keterampilan 4C: Berpikir Kritis, Kolaborasi, Komunikasi, dan Kreativitas) di kalangan siswa Matematika dalam Kurikulum Merdeka. Pendekatan metode campuran, yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif, digunakan. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan 4C, observasi, wawancara, dan analisis proyek siswa. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan ini secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas siswa. Siswa dapat menghubungkan teori matematika dengan aplikasi dunia nyata, mengembangkan solusi inovatif, dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar mereka. Hasil ini mendukung penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan edupreneurship sebagai strategi kreatif dalam pendidikan matematika untuk mengatasi tantangan era digital dan pasar kerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cejou

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The focuses of the manuscript received in the CEJou journal is limited to the topic: 1. Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 2. Biology Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 3. Mathematics Education (Media, Educational Policy, ...