Jurnal Lempu
Vol. 1 No. 1 (2024): March

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Nurfadilah Dewi Kartika (Universitas Negeri Makassar)
Herlina (Universitas Negeri Makassar)
Baik Rosida (UPT SPF SD Inpres Laikang)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa kelas II SD Inpres Laikang Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan angket. Hasil rincian pada kegiatan pra-siklus motivasi belajar siswa masih tergolong sangat rendah. Pada siklus I mengalami peningkatan 70%. Selanjutnya pada Siklus II meningkat menjadi 95% peserta didik merasa termotivasi mengikuti pembelajaran melalui Implementasi model PBL dengan pendekatan TaRL karena dikelompokkan sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing dan peserta didik menyukai kerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...