Rendahnya hasil belajar PPKn pada peserta didik kelas IV A SD Negeri KIP Bara-Baraya I disebabkan karena mindset peserta didik terhadap mata pelajaran matematika yang negatif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan terkait peningkatan hasil belajar PPKn  peserta didik dengan perubahan mindet melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah kelas IV A SD Negeri KIP Bara-Baraya I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SD Negeri KIP Bara-Baraya I sebanyak 18 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistika deskriptif.  Berdasarkan hasil tes belajar pada siklus I adalah dari 18 peserta didik terdapat 13 peserta didik yang tuntas dengan ketuntasan belajar 72,22%. sedangkan pada siklus ke II jumlah peserta didik yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 17 peserta didik se-hingga mencapai persentase 88,88%. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran berbasis masalah mindset peserta didik berubah se-hingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri KIP Bara-Baraya I.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024