Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa masih kurang memahami suatu bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan metode role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa, (2) mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa, dan (3)mengetahui pengaruh metode role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan seluruh siswa kelas V SD Negeri Mannuruki kota Makassar dengan jumlah 40 siswa, kelas VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar penilaian pre-test dan post-test dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh metode role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Mannuruki kota Makassar dilihat dari skor rata-rata hasil penelitian. Kemudian. Uji hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman siswa. Dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan bahwa (1) Pelaksanaan metode role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa berkategori “sangat baik”, (2) Kemampuan membaca pemahaman siswa setelah menerapkan metode role playing pada kelas eksperimen berkategori “baik”, dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran menggunakan metode role playing terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Mannuruki kota Makassar.
Copyrights © 2024