Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses dari penerapan Model Pembelajaran dengan memanfaatkan media berupa teknologi untuk meningkatkan kreativitas kelas V di UPT SPF SD Inpres Bawakaraeng. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas V yaitu 26 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengumpulan data menggunakan tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di siklus pertama ditemukan seluruh siswa mengikuti pembelajaran dengan baik. Tetapi, ditemukan ada beberapa siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar yang kurang. Hal ini dilihat dari data bahwa motivasi siswa dalam proses pembelajaran dengan bantuan video pembelajaran dikategorikan sudah cukup tinggi yaitu keaktifan siswa sebesar 70%, bekerja sama antar anggota kelompok 75%, tanggung jawab siswa 65%, dan daya ijaminasi siswa 75%. Berdasarkan hal tersebut dibandingkan dengan proses pembelajaran sebelumnya dengan tidak menggunanakan video pembelajaran dan pendekatan problem based learning. Keaktifan siswa rendah bahkan siswa hanya mampu menyimak penjelasan dari guru. Sedangkan, pada siklus kedua ditemuan motivasi siswa dapat dikatakan baik dilihat dari data bahwa motivasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan bantuan video pembelajaran untuk motivasi siswa yaitu keaktifan siswa 85%, kerjasama antar anggota kelompok 84%, tanggung jawab siswa 84%, dan daya imajinasi 87%. Sehingga dapat diketahui dan dikatakan bahwa pembelajaran tersebut mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan.
Copyrights © 2024