Jurnal Lempu
Vol. 1 No. 2 (2024): July

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran ontextual Teaching and Learning (CTL) pada Pelajaran PKn Kelas IV

Sutri Suardi (Universitas Negeri Makassar)
Hikmawati Usman (Universitas Negeri Makassar)
Andi Yulfaita (UPT SPF SD Inpres Minasa Upa 1)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.B UPTSPF SD Inpres Minasa Upa 1 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 15 peserta didik, yaitu terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik Perempuan. Desain penelitian menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pelajar peserta didik pada mata Pelajaran PKn. Penelitian dilaksanakan dalm 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi.teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Keberhasilan penelitian ini minimal 70% dari peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I yaitu 15 apek sedangkan pada siklus II aspek yang terlaksana yaitu 19 aspek. Peningkatan hasil belajar dapat dilahat dari jumlah peserta didik yang mencapai KKM. Pada siklus I, peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 6 peserta didik dengan persentase 40%. Sedangkan pada siklus II, peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 13 peserta didik dengan persentase 86,7%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...