Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN Ikip 1 Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan kemampuan kemampuan membaca puisi siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN Ikip 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Setting dan subjek penelitian ini adalah seorang guru dan seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar observasi guru dan siswa, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model somatic, audiotory, visual, and intellectual (SAVI) dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas V UPT SPF SD Inpres BTN Ikip 1 Kota Makassar.
Copyrights © 2024