Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 1 (2025): March

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa Kelas V SDN Kompleks IKIP 1

Alfriani M (PPG Universitas Negeri Makassar)
Erma Suryani Sahabuddin (Universitas Negeri Makassar)
Nazwar Muslan (UPT SPF SDN Kompleks IKIP I)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Problem Based Learning di kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Model penelitian yang digunakan adalah Suharsimi Arikunto menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk soal cerita dan observasi keterlaksanaan pembelajaran serta observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...