Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 1 (2025): March

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Hijrah Nurfatiha (PPG Universitas Negeri Makassar)
Syamsuardi Syamsuardi (Universitas Negeri Makassar)
Ambo Pai (UPT SPF SDN KIP V Bara-baraya)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada peserta didik kelas III UPT SPF SDN KIP V Bara-baraya Kota Makassar. Sedangkan Pendekatan dalam penelitian ini yang saya gunakan adalah pendekatan kualitatif serta jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri  dari 2 kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah menerapkan model problem basedlearning (PBL) dengan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) dan bagaimana meningkatkan motivasi dalam belajar siswa. Adapun subjek penelitian yakni guru serta siswa kelas III UPT SPF SDN KIP V Bara-baraya Kota Makassar. Jumlah siswa pada sekolah tersebut di semester genap tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan/observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model problem based learning (pbl) denga pendekatan culturally responsive teaching (crt) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SPF SDN KIP V Bara-baraya Kota Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...