ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 5 (2023): Anthor 2023

Landasan Sosiologis Dalam Pengembangan Kurikulum Sebagai Persiapan Generasi yang Berbudaya Islam

Latifa, Maysa (Unknown)
Arifmiboy, Arifmiboy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pendidikan Agama Islam mengantarkan manusia berhubungan dengan Tuhan (Hablum mina Allah), untuk dapat sampai pada hubungan Tuhan, manusia haruslah menjalin hubungan yang baik sesama manusia terlebih dahulu. Dalam menjalin hubungan kemasyarakatan (hablum minannas) manusia tentunya memiliki keilmuwan dan integritas yang baik dalam memahami ajaran Islam. Ajaran Islam yang merupakan ajaran tentang tatanan yang baik dan benar. Metode penelitian menggunakan metode studi kepustakaan karena mengumpulkan banyak fakta dan data yang bersumber dari buku, jurnal, internet, dan literatur tertulis lainnya sebagai landasan penulisan studi kepustakaan ini juga metode pengumpulan data dengan pencarian informasi melalui buku, koran dan literatur lain untuk menyusun teori. Mewujudkan pendidikan Islam berbasis sosiologi pendidikan di lingkungan sekolah merupakan suatu wujud bentuk anjuran kegiatan, mengingat di dalamnnya terkandung nilai keseimbangan wawasan tentang pemahaman hablum minallah (hubungan baik dengan Allah SWT) yang disandingkan dengan pemahaman hablum minannas (hubungan baik dengan manusia). Oleh karena itu, persiapan generasi yang berbudaya Islam dapat kita laksanakan salah satunya melalui landasan sosiologi dalam pengembangan kurikulum.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

anthor

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

ANTHOR Education and Learning Journal is a scientific publication medium for research studies, academic thoughts, and critical-analytical studies in the field of science and technology, particularly in education and learning, with e-ISSN: 2963-198X and p-ISSN: 2963-2498. This journal aims to ...