Kejenuhan belajar menjadi faktor penghambat tujuan pada keberhasilan belajar siswa, maka peneliti menjadikan video animasi sebagai sarana yang tepat untuk membantu mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas video animasi sebagai media guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MI Darut Taqwa dan mengetahui Faktor pendukung dan penghambat video animsi sebagai media guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MI Darut Taqwa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan untuk penggalian data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, teknik analisa data, kondensasi data, pengumpulan data dan pengecekan keabsahan data. penggunaan media pembelajaran video animasi cukup efektif untuk mengatasi kejenuhan belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Darut Taqwa. faktor pendukung yaitu video animasi didukung dengan peletakan dasar dasar yang nyata dari konsep yang abstrak sehingga dapat menambah kepemahaman siswa. Faktor penghambat media video animasi mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VI Mi Darut Taqwa yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menangkap materi yang diberikan melalui video animasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023