Keterampilan proses sains dan melakukan uji coba atau eksperimen dalam pembelajar saat ini sangatlah diperlukan bagi siswa, karena hal ini sangat diperlukan dalam pembelajaran sainsuntuk melatih siswa agar lebih terampil dan dapatmandiri. Namun, dari hasil beberapa hasil studimenunjukkan bahwa keterampilan proses sainsdan kemandirian belajar ini belum terlaluditerapkan di sekolah. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengembangkandan mengimplementasikan Model PembelajaranDiscovery Learning guna melatih siswa untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan kemandirian belajarnya dalam eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melatihketerampilan proses sains dan kemandirianterhadap belajar siswa melalui Model Pembelajran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review yaitu menganalisis hasil penelitianterdahulu yang terindeks sinta 2 – 6 dengan tahunpenerbitan 2019 – 2023 yang memiliki persamaantema dan pertanyaan penelitian. Dalam penelitianini menggunakan 10 artikel yang telah di review dan ternyata memang benar Model Discovery Learning ini sangat membantu dalammengembangkan keterampilan proses sains dan kemandirian belajar siswa. Dan keterampilanproses sains dan kemandirian belajar siswameningkat setelah menggunakan model pemelajaran tersebut.
Copyrights © 2024