Semakin berkembangnya teknologi saat ini tidak lepas dari perkembangan zaman yang harus kita ikuti (1). Pergeseran perpainan anak dari permainan tradisional ke Gadget merupakan salah satu dampak negatif. Hal ini sudah terjadi sejak anak usia 4-6 tahun, hal yang dapat terlihat adalah menurunnya komunikasi dua arah pada anak, anak yang bermaian gadget cenderung asik sehingga hanya ada komunikasi satu arah (2). Rancangan penelitian ini untuk mempelajari prevalensi factor kecanduan gadget serta menganalisis hubungan antara variabel faktor risiko yang bisa diubah dan yang tidak bisa diubah dengan variabel kecanduan gadget yang dilakukan secara serentak dalam satu waktu pada anak pra sekolah dengan perkembangan personal anak. Jumlah sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Semua anak dan orang tua anak yang berusia 4-6 tahun di TK-A dan TK-B (TK-Annur, TK AL-Wardah, TK Al-Munawaroh Pamekasan, TK Nurul Hikmah Pamekasan, Paud Sopia Terpadau Jayapura, Tk Kristen Atambua) yang berjumlah 428 anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengarui kecanduan gadget pada anak terhadap personal sosial anak pra sekolah. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kecanduan gadget pada anak ada 3 faktor yang berpengaruh dalam kecanduan gadget pad anak Pendidikan Orang Tua, Suku Orang Tua, Pekerjaan, Usia Anak, Berat Badan Anak, Durasi Bermaian, Pengasuh Anak Dirumah, Bb Anak.
Copyrights © 2022