Selama proses pembelajaran di kelas V terlihat kepasifan terhadap peristiwa Proklamasi Kemerdekaan pada siswa, karena penjelasan guru bersifat abstrak sehingga siswa tidak memahaminya. dan gaya mengajar guru yang terlalu monoton menyebabkan siswa bosan atau jenuh sehingga siswa tidak semangat dalam belajar. Berdasarkan fakta tersebut, perbaikan pembelajaran harus dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Babat Kec. Legok. Menggunakan metode inquiry. Penelitian ini menggunakan desain PTK. Subyek penelitian berjumlah 31 siswa. Inilah yang ditunjukkan oleh hasil penelitian ini. Metode Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada hasil belajar kelas V, terbukti dengan peningkatan hasil belajar pada Siklus I hanya 13 siswa (39%) di atas KKM rata-rata 56. Pada Musim Gugur II, naik ke level 23 siswa (74%), rata-rata 64. Dan Siklus III memiliki 31 siswa (100%) dari 31 siswa rata- rata akhir 75. Hal ini sangat meningkatkan hasil belajar dan penguasaan materi. Dalam pembelajaran IPS, guru harus senantiasa mencari dan mengembangkan metode pembelajaran yang lebih baik, menarik dan menantang serta selalu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Copyrights © 2024