JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 1 (2025): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Deskripsi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V

Anfal, Wahyuddin (Unknown)
Wibawa, I Made Citra (Unknown)
Margunayasa, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model PBL terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas siswa SDN 2 Tente. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan angket. Untuk mendeskripsikan data hasil tes dan angket digunakan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 30 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan, setelah diberikan perlakuan, motivasi belajar siswa pada kelas V-II/eksperimen menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 51,59, dibandingkan dengan kelas V-I/kelas kontrol yang hanya mencapai 46,75. Prestasi belajar siswa kelas V-II mengalami peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata 18,50, sedangkan kelas V-I tetap stagnan pada 6,45. Standar deviasi yang lebih kecil pada kelas V-II menunjukkan bahwa Prestasi belajar  unggul dibanding kelas V-I. Kesimpulan  penelitian ini bahwa model PBL yang terapkan efektif dalam peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...