Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model PBL terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas siswa SDN 2 Tente. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan angket. Untuk mendeskripsikan data hasil tes dan angket digunakan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 30 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan, setelah diberikan perlakuan, motivasi belajar siswa pada kelas V-II/eksperimen menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 51,59, dibandingkan dengan kelas V-I/kelas kontrol yang hanya mencapai 46,75. Prestasi belajar siswa kelas V-II mengalami peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata 18,50, sedangkan kelas V-I tetap stagnan pada 6,45. Standar deviasi yang lebih kecil pada kelas V-II menunjukkan bahwa Prestasi belajar unggul dibanding kelas V-I. Kesimpulan penelitian ini bahwa model PBL yang terapkan efektif dalam peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2025