Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 3 (2025): MARET 2025

ANALISIS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGENAI MATERI PECAHAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 060856

Gertruda Gissa Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Intan Revalina Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Sri Rahayu Sitio (Universitas Negeri Medan)
Sartika Yukirana Br. Hutagaol (Universitas Negeri Medan)
Yunita Mawar Sari Simbolon (Universitas Negeri Medan)
Doni Irawan Saragih (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana siswa memahami materi pecahan di Sekolah Dasar Negeri 060856. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan melibatkan 13 siswa kelas VI. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 25% siswa mencapai nilai sempurna (100), sementara 60% siswa mencapai nilai di bawah 80, yang menunjukkan bahwa ada perbedaan pemahaman. Selain itu, hanya 38% siswa mencapai nilai di atas 75, dan 62% siswa mencapai nilai di bawah standar ketuntasan. Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pemahaman siswa termasuk kurangnya media pembelajaran, lingkungan pembelajaran yang tidak mendukung, dan kurangnya keterlibatan siswa. Akibatnya, strategi pembelajaran yang lebih kreatif diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...