Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 3 (2025): MARET 2025

Dampak Kesulitan Menyimak Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah Perumnas Kota Makassar

Besse Syukroni Baso (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ani Mahyuni (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Fitra Nofianti (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Hamdani Tasyah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Reza Resita (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Wiwi Aulia Firman (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Kesulitan menyimak pada siswa SD dipengaruhi oleh faktor internal, seperti rendahnya konsentrasi dan keterbatasan kosakata, serta faktor eksternal, seperti metode pengajaran yang kurang interaktif dan gangguan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan menyimak pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Perumnas. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari 16 siswa yang diteliti, 6 siswa mengalami kesulitan menyimak, sementara 10 siswa memiliki keterampilan menyimak yang baik. Kesulitan menyimak tampak jelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama dalam memahami materi lisan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode pembelajaran interaktif serta penggunaan media visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa dan mendukung prestasi belajar mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...