Tita Suhartika, 2024. Pengaruh Kualitas Produk dan Preferensi Konsumen terhadap Penjualan Mangga Harumanis. (Survei Konsumen Mangga Harumanis di Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat). Di bawah bimbingan Euis Dasipah dan Nataliningsih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Preferensi Konsumen terhadap Penjualan Mangga Harumanis. Unit analisis adalah konsumen di Pasar Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang. Teknik penentuan responden dilakukan secara purposive sampling yang diperoleh sebanyak 75 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian diperoleh Kinerja Kualitas Produk Mangga Harumanis yang meliputi dimensi: manfaat produk; daya tahan, keandalan, dan kemudahan. di Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang memperoleh 82,74 kriteria sangat baik. Kinerja Preferensi Konsumen yang meliputi dimensi/atribut: rasa; aroma; tekstur warna; bentuk dan kemasan di Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang memperoleh 76,00% kriteria baik. Demonstrasi Penjualan Mangga Harumanis yang meliputi dimensi Harga Mangga Harumanis; volume pembelian; Proses transaksi Pembelian; dan Frekuensi Pembelian. di Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang memperoleh kriteria baik sebesar 78,50%. Terdapat korelasi positif antara Kualitas Produk dengan Preferensi Konsumen yang ditunjukkan dengan angka koefisien korelasi r = 0,733. Kualitas Produk dan Preferensi Konsumen berpengaruh nyata terhadap Penjualan Mangga Harumanis. Kontribusi pengaruh Preferensi Konsumen sebesar 54,36% lebih besar dibandingkan kontribusi pengaruh Kualitas Produk sebesar 16,79%. Sisanya sebesar 28,85% dipengaruhi oleh faktor lain.
Copyrights © 2023