Pendidikan akhlak menjadi solusi yang dapat diimplementasikan dalam sebuah instansi pendidikan untuk meminimalisir terjadinya perilaku bullying. Hal ini didorong pesatnya perkembangan zaman yang memunculkan dampak negatif dalam mempengaruhi perilaku remaja. Bullying menjadi permasalahan yang krusial dalam dunia pendidikan MTsN Kota Batu Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran tata tertib MTsN Kota Batu dalam menangkal perilaku dekadensi moral. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan data primer berupa wawancara kepada kepala pondok pesantren dan sekunder berupa buku santri, instrumen yang digunakan berupa buku catatan, rekaman suara, tekhnik pengumpulan data berpa wawancara, observasi, dan dokumentasi, Teknik analisis data berupa eduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukanya bentuk bullying verbal yang terjadi di MTsN Kota Batu, strategi yang digunakan dalam menangkal hal tersebut adalah dengan mengimplementasikan pendidikan yang berbasis akademik dan non akademik. Hal tersebut membawa hasil positif yang signifikan pada perubahan perilaku siswa
Copyrights © 2025