Pendidikan agama merupakan system pendidikan yang mencangkup seluruh aspek yang dibutuhkan oleh manusia dalam rangka meningkatkan penghayatan dan pengalaman agama dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara. Untuk mendapatkan jawaban dari hipotesis yang dibuat, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa Observasi, Koesioner, Wawancara dan Dokumentasi dengan mengumpulkan jawaban dari responden sebanyak 30 siswa MTs Al-Ikhlas Rimbaya Desa Batu Tunggal. Berdasarkan data yang diperoleh dan data yang telah diperhitungkan dari hasil penyebaran koesioner terdapat beberapa hasil diantaranya: Hasil dari perhitungan nilai rxy yang telah diperoleh terdapat sebesar -120,86 dan dengan perbandingan r tabel yaitu 0,3610 dikarenakan r hitung mendekati angka -1 maka korelasi antara variabel X dengan Variabel Y kuat dengan nilai perbandingan -120,86 0,3610, sedangkan nilai t hitung yang diperoleh sebesar 4378 dengan perbandingan t tabel sebesar 1,703 nilai ini menunjukkan bahwa benar terdapat adanya pengaruh strategi pembelajaran metode drill terhadap kualitas membaca siswa, dengan uji t yaitu 4378 1,703 dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak, serta uji determinasi sebesar 24,17%.
Copyrights © 2024