Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) terhadap pembentukan jiwa kepemimpinan siswa kelas XI di SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji skala Likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, serta pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler Rohis berpengaruh signifikan terhadap jiwa kepemimpinan siswa dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 64,5%, yang berarti 64,5% variasi jiwa kepemimpinan dijelaskan oleh keterlibatan dalam Rohis, sedangkan 35,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai korelasi (R) sebesar 80,3% menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara Rohis dan jiwa kepemimpinan. Uji t menghasilkan nilai 4,953 2,00404 dengan signifikansi 0,000 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, menegaskan bahwa Rohis memiliki pengaruh nyata dalam membentuk kepemimpinan siswa. Uji F juga menunjukkan hasil signifikan dengan nilai Fhitung 24,534 Ftabel 4,02, yang mengindikasikan bahwa variabel Rohis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap jiwa kepemimpinan. Dengan demikian, semakin aktif siswa dalam kegiatan Rohis, semakin tinggi tingkat kepemimpinan yang terbentuk.
Copyrights © 2024