Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru kelas dalam pembentukan karakter nilai dan moral siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian regresi yang berdasarkan data diperoleh dan data yang yang telah diperhitungkan dari hasil penyebaran angket terdapat beberapa hasil diantaranya: Uji t (t-test)hasil perhitungan ini dibandingkan dengan t tabel dengan menggunakan tingkat kesalahan 0,05 (5 %), diperoleh nilai t hitung variabel aspek kognitif sebesar -3.846. Kemudian, t tabel menggunakan df n-2 dengan n adalah jumlah populasi, sehungga hasilnya yaitu 32 -2 = 30 dan dapat diperoleh T tabel 1.67655. Jadi diperoleh Thitung ,Ttabel atau -3.846 167655 maka dapat diartikan bahwa H0 diterima. Artinya, Terdapat peran guru SKI (X) terhadap pembentukan karakter nilai dan moral (Y). Selanjutnya diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 14.794 2,07 (F tabel didapat dari F (k;n-k)= F (1;32) = 2,07) dan dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan bahwa variabel peran guru (X) signifikan terhadap pembentukan karakter nilai dan moral siswa (Y). Sedangkan nilai koefisien determinasi (R square) seberapa 0,338 berarti dapat disimpulkan bahwa sebesar 33,8 % pembentukan karakter nilai dan moral siswa ditentukan oleh peran guru.
Copyrights © 2024