Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi aspek kognitif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir, Riau. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitaif yang dilakukan pada bulan januari. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI khusus bagi siswa yang beragama islam saja, sehingga pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran angket (pernyataan) menggunakan purposive sampling yaitu sample sebanyak 51 responden. Dan hasil penelitian yang diperoleh pengaruh strategi aspek kognitif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bagan Sinembah yang berkontribusi nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0.704 atau 70,4% dan sisanya (100%-70,4%) = 29,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kemudian Thitung Ttabel atau -10.787 1.67655 maka dapat diartika bahwa H0 diterima. Artinya, terdapat pengaruh aspek kognitif (X) terhadap motivasi belajar (Y). Terdapat signifikan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 116.356 4,03 (F tabel didapat dari F (k ; n-k) = F (1 ; 50) = 4,03) dan dengan tingkat signifikan di bawah 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan bahwa variabel aspek kognitif (X) berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh signifikan aspek kognitif terhadap motivasi belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2024