Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
Vol. 5 No. 2 (2024): FRASA: JURNAL KEILMUAN BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA

Pengaruh Kooperatif Jigsaw Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Terhadap Hasil Belajar

milda tuasela (UNIMUDA KOTA SORONG)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Standar isi Permendiknas Nomor 22 tahun 2006, Bahasa Indonesia dipelajari mulai SD agar dapat memahami pembelajaran dengan baik dan merupakan cabang pengetahuan berawal dari fenomena alam. Penelitian dilatar belakangi kurangnya motivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan rendahnya ketuntasan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 26 Kota Sorong yaitu 57,14. Peneliti memilih penerapan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 26 Kota sorong. Semarang dengan langkah a) Fase 1 (Reading), b) Fase 2 (Expert Group Discussions), c) Fase 3 (Team reports), d) Fase 4 (Assessment), e) Fase 5 (Team recognition). Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 26 Malabutor Kota Sorong. Manfaat penelitian ini meningkatkan kinerja guru, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, sebagai bahan masukan dalam perbaikan pembelajaran sekaligus. Metodologi penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu keterampilan guru dengan persentase 79,17% kriteria sangat baik, aktivitas siswa dengan persentase 79,64% kriteria sangat baik, dan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan 100%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalfrasa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Frasa Journal contains articles and research results. The scope of the research includes learning and studying Indonesian Indonesian literature, both Indonesian as a first language, second language, and foreign language. The scope of research/articles that can be published in the Frasa Journal ...